Alasan Anies Ganti Istilah yang Dipakai di Zaman Ahok

Alasan Anies Ganti Istilah yang Dipakai di Zaman Ahok
Anies Baswedan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta Fraksi PDIP DPRD DKI untuk tidak alergi menggunakan istilah program pemerintahan Ahok sebelumnya.

Seperti mengubah ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) menjadi Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Menjawab itu, Anies menyatakan penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) lima tahun ke depan bertujuan membuat ekosistem perkotaan dalam bentuk taman maupun jalur hijau.

Menurutnya Taman Maju Bersama dan Taman Pintar bukan hanya sebuah RTH, melainkan membangun interaksi di dalamnya.

"Komponen utama dari konsep pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar adalah pelibatan komunitas setempat dalam pemanfaatan dan pengelolaannya sehingga interaksi sosial bisa terjadi," kata Anies menjawab tanggapan fraksi pada rapat paripurna mengenai raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Gedung DPRD DKI, Selasa (3/4).

Dengan demikian, lanjut Anies, pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar tidak hanya ditujukan untuk peningkatan RTH.

Tapi juga memfasilitasi interaksi sosial penduduk setempat secara bottom up alih-alih top-down.

"Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus berusaha untuk melakukan pembebasan tanah, baik untuk hutan, makam, maupun taman, terutama di lahan-lahan yang memiliki peruntukan hijau," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti istilah ruang publik terpadu ramah anak atau RPTRA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News