Alasan PSSI Belum Berencana Pakai VAR di Liga Indonesia Musim Depan, He He He

Alasan PSSI Belum Berencana Pakai VAR di Liga Indonesia Musim Depan, He He He
Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh saat memberi keterangan terkait pengaturan skor dan suap di Liga 3 Zona Jatim di Mapolda setempat, Rabu (17/3/2022). ANTARA/Willy Irawan

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh mengatakan pihaknya belum berencana memakai asisten wasit video atau yang lebih dikenal VAR di Liga Indonesia musim depan lantaran biaya alat yang mahal.

Dia menuturkan penganggaran VAR masih dalam pembahasan.

"Belum (untuk musim depan). VAR masih penganggaran. Satu lapangan, VAR bisa Rp 80 miliar," ujarnya di Surabaya, Kamis.

Sebagai gantinya, PSSI menggunakan tambahan asisten wasit yang ditugaskan di dekat gawang masing-masing tim yang berlaga.

Mereka dilengkapi tongkat dan gelang yang terhubung dengan wasit tengah untuk menganulir atau mengoreksi keputusan yang kurang tepat.

Riyadh menyebut asisten wasit tambahan ini sekarang sudah diterapkan di sisa-sisa pertandingan Liga 1 musim ini.

"Liga 3, tidak ada wasit tambahan, yang ada wasit tambahan hanya di Liga 1, sambil menunggu VAR maka ditambah dua wasit, mulai kemarin tanggal 9 (Maret), pertandingan, sudah menggunakan asisten wasitnya jadi empat," kata Riyadh.

Sementara untuk antisipasi praktik pengaturan skor oleh mafia bola, Riyadh lebih memilih jalur pembinaan terhadap wasit dan klub peserta liga.

Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh mengatakan pihaknya belum berencana memakai asisten wasit video atau yang lebih dikenal VAR musim depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News