Alat Kelengkapan DPD Laporkan Kinerja pada Sidang Paripurna

Alat Kelengkapan DPD Laporkan Kinerja pada Sidang Paripurna
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Achmad Muqowan menerima laporan kegiatan dari salah satu pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI pada Sidang Paripurna DPD RI, Kamis (18/10). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - DPD RI menggelar Sidang Paripurna dengan agenda laporan pelaksanaan tugas Alat Kelengkapan dan pengesahan keputusan DPD RI. Dalam Sidang Paripurna tersebut, masing-masing Alat Kelengkapan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas seperti penyusunan RUU, pengawasan atas Undang-Undang, ataupun rapat kerja terkait aspirasi dari daerah.

Dalam Sidang Paripurna tersebut, Wakil Ketua Komite I, Jacob Esau Komigi menyampaikan bahwa Komite I menyusun RUU yang berorientasi kepada daerah. Ketiga RUU tersebut adalah RUU Pemerataan Pembangunan Daerah, RUU Daerah Kepulauan, dan RUU Pengelolaan Kawasan Perbatasan.

Menurut Jacob, RUU Daerah Kepulauan telah dilakukan pembahasan secara tripartit bersama pemerintah dan DPR. “DPR RI menyambut baik atas RUU tersebut,” kata Jacob, Senator asal Papua Barat ini dalam Sidang Paripurna DPD RI ke-5 Masa Sidang I Tahun Sidang 2018-2019 di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (17/10).

Komite I telah menyusun yang kami sebut Trisula RUU yang berpihak kepada daerah. Yaitu Pemerataan Pembangunan Daerah, RUU Daerah Kepulauan, dan RUU Pengelolaan Kawasan Perbatasan. Ketiga RUU tersebut bukti nyata keberpihakan DPD RI kepada daerah,” ucapnya lagi.

Selain itu, Komite I bersama Pimpinan DPD RI telah melakukan rapat kerja dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka membangun sinergi untuk upaya pemberantasan korupsi.

Di sisi lain, dalam laporannya Ketua Komite II DPD RI, Aji Mirza melaporkan bahwa Komite II DPD RI telah merampungkan pembahasan dua RUU yakitu RUU Kedaulatan Pangan dan RUU Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik (PPSDG). “Kedua RUU ini akan segera dilakukan harmonisasi, dan kami harapkan kedua RUU ini bisa segera disahkan akhir tahun ini,” ucap Senator asal Kalimantan Timur ini.

Selain itu, Komite II DPD RI juga telah menyusun pandangan dan pendapat DPD RI terhadap RUU Perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan RUU tentang Sumber Daya Air.

Sementara itu, Ketua Komite III DPD RI, Dedi Iskandar Batubara melaporkan Komite III DPD RI telah melakukan pengawasan atas pelaksanaan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan UU Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji berkenaan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2018.

DPD RI menggelar Sidang Paripurna dengan agenda laporan pelaksanaan tugas Alat Kelengkapan dan pengesahan keputusan DPD RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News