Komite I DPD RI Dorong Penyelesaian Sengketa Lahan di Daerah

Komite I DPD RI Dorong Penyelesaian Sengketa Lahan di Daerah
Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani (tengah) saau beraudiensi dengan masyarakat Kabupaten Manggarai Timur di Ruang Rapat Komite I DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (17/10). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Komite I DPD RI akan menindaklanjuti permasalahan batas wilayah antara Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengundang pihak-pihak yang berkepentingan.

Hal ini disampaikan Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani dalam audiensi dengan masyarakat Kabupaten Manggarai Timur di Ruang Rapat Komite I DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (17/10).

“Kami akan mengundang Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Kemudian Komite I DPD RI juga akan menindaklanjutinya terkait permasalahan ini dengan mengundang Gubernur NTT, Bupati Manggarai Timur dan Bupati Ngada. Kami akan undang dalam Rapat Dengar Pendapat di Jakarta,” ujar Benny.

Benny juga menambahkan permasalahan batas wilayah ini akan dibahas lebih lanjut dengan Menteri Dalam Negeri agar dapat segera mengambil keputusan yang tegas dan tepat. Hal ini menyangkut kandungan sumber daya alam yang perlu ketegasan.

Ia berharap ada ketegasan dari pemerintah supaya tidak mempengaruhi kegiatan ekonomi maupun sosial masyarakat di wilayah tersebut.

“Permasalahan ini harus diselesaikan secara tepat dan cepat, tidak boleh berlarut-larut karena cukup memperhatinkan. Kalau sudah bicara konflik batas wilayah dan juga motif ekonomi terkait misalnya sumber daya alam di batas wilayah yang diperebutkan. Nah ini kalau sudah ada konflik politiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Leonardus Sentosa menyampaikan masyarakat di perbatasan kerap diganggu oleh adanya pengambilalihan tanah hak ulayat dan perusakan jembatan oleh masyarakat dari Kabupaten Ngada.

“Persetujuan terkait tapal batas saat ini kembali digugat oleh pihak Kabupaten Ngada. Untuk itu perlu ketegasan dari pemerintah,” katanya.

Komite I DPD RI akan menindaklanjuti permasalahan batas wilayah antara Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada di NTT dengan mengundang kedua pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News