Alhamdulillah, Bank Turunkan Bunga, Termasuk KPR

Alhamdulillah, Bank Turunkan Bunga, Termasuk KPR
Uang. Foto iustrasi dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Kebijakan Bank Indonesia (BI) yang tiga kali memangkas suku bunga acuan (BI Rate) hingga level 6,75 persen, rupanya cukup ampuh menggerakkan perbankan menurunkan suku bunga. Tentunya, ini juga karena kuatnya dorongan pemerintah.

Staf Khusus Wakil Presiden bidang Ekonomi dan Keuangan Wijayanto Samirin mengatakan, perkembangan kebijakan pemerintah untuk mendorong penurunan suku bunga kini terlihat hasilnya. "Bank-bank BUMN mulai menurunkan suku bunga," ujarnya kemarin (28/3).

Penurunan suku bunga kredit perbankan memang menjadi target pemerintahan Jokowi - Jusuf Kalla (JK). Bahkan, Presiden Jokowi berulang kali meminta suku bunga kredit korporasi yang di kisaran 12 persen, bisa diturunkan sehingga bisa sejajar dengan negara-negara Asean di kisaran 6 - 7 persen.

Teknis kebijakan mendorong penurunan suku bunga pun dikoordinir oleh Tim Kantor Wapres.

Menurut Wijayanto, penurunan suku bunga kredit perbankan, khususnya bank BUMN yang sejak awal tahun turun sekitar 0,25 - 0,50 persen, merupakan respons atas penurunan BI Rate dan rendahnya inflasi.

"Apalagi, BI mengirim sinyal bahwa masih ada ruang bagi BI rate untuk turun lagi dalam waktu dekat," katanya.

Dari empat bank pelat merah, dua diantaranya sudah merilis data penurunan suku bunga dasar kredit (SBDK), yakni Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Adapun manajemen Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga sudah menyatakan komitmen penurunan suku bunga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News