Alhamdulillah, Pasokan Cabai di Cianjur Dipastikan Aman Hingga Lebaran

Alhamdulillah, Pasokan Cabai di Cianjur Dipastikan Aman Hingga Lebaran
Hamparan tanaman cabai yang siap panen di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, CIANJUR - Pasokan cabai terpantau aman meskipun harga cenderung berfluktuasi di beberapa pasar induk wilayah Jabodetabek.

Pada perayaan Nyepi dan cuti minggu ini, harga cabai sempat menurun, namun selang beberapa hari kembali merangkak naik.

Berdasarkan data Early Warning System (EWS), neraca produksi cabai rawit pada Maret untuk Kabupaten Cianjur menunjukkan angka surplus sebesar 1.465 ton. Demikian pula pada April sebesar 1.254 ton.

Neraca produksi cabai besar Kabupaten Cianjur juga`mengalami surplus untuk Maret sebesar 2.409 ton dan April surplus 1.804 ton.

"Untuk Ramadan dan Idulfitri, Kabupaten Cianjur memiliki pasokan yang cukup," kata Champion Cabai Kabupaten Cianjur Suhendar melalui keterangan yang diterima, Senin (27/3).

Suhendar menyebutkan setiap hari bisa mengirim cabai 9-12 ton ke pasar induk di Jabodetabek, termasuk Pasar Induk Kramat Jati.

"Dua sampai tiga ton cabai rawit dan enam sampai tujuh ton cabai keriting dan cabai besar satu sampai dua ton," sebutnya.

Mengenai harga, lanjut Suhendar, di tingkat petani untuk cabai rawit Rp 40 ribu/kg, cabai keriting Rp 18 ribu/kg dan cabai besar Rp 16 ribu/kg.

Kabar baik untuk mak-mak, pasokan cabai di Cianjur dipastikan aman hingga lebaran, simak info berikut ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News