Alhamdulillah, Penyaluran BLT Dana Desa Dipercepat

Alhamdulillah, Penyaluran BLT Dana Desa Dipercepat
Abdul Halim Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mempercepat penyaluran bantuan langsung tunai atau BLT dana desa untuk membantu masyarakat rentan dan terdampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa akan memperoleh uang sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan, dimulai sejak April 2020.

Presiden RI Joko Widodo telah memerintahkan agar Bansos Tunai dan BLT Dana Desa dipercepat dan disegerakan penyalurannya untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan menjaga daya konsumsinya.

Menindaklanjuti arahan Presiden, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan rapat koordinasi membahas percepatan penyaluran BLT Dana Desa bersama dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Dalam rapat, Mendes Halim Iskandar memaparkan, BLT Dana Desa sudah tersalur di 12.829 desa atau 24 persen dari total jumlah desa target.

Halim juga menjelaskan, dana desa telah tersalur ke rekening kas desa (RKD) sebesar Rp 20,8 triliun untuk 53.156 desa (87%).

Selain itu, sebanyak 33.345 (63%) desa telah menetapkan calon keluarga penerima manfaat dan melaksanakan musyarawah desa (musdes) khusus.

Halim memaparkan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk percepatan penyaluran dana desa.

BLT Dana Desa sudah tersalur di 12.829 desa dan dana desa telah masuk ke RKD sebesar Rp 20,8 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News