Alhamdulillah, Pilkades dengan e-Voting Selesai, Lancar

Alhamdulillah, Pilkades dengan e-Voting Selesai, Lancar
Pemungutan suara pilkades melalui e-voting di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Minggu (12/3). Foto: Tim Pemantau Direktorat Politik Dalam Negeri Kemendagri for JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di 36 desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah digelar Minggu (12/3).

Namun, dari 36 desa hanya satu desa dijadikan percontohan menggunakan peralatan elektronik melalui e-voting yaitu Desa Babakan Kecamatan Ciseeng.

Pilkades desa babakan diikuti oleh tiga calon kades, dengan DPT sebanyak 10 ribu pemilih yang berbasis e-KTP.

Dari pemantauan Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri terhadap pelaksanaan Pilkades di Desa Babakan, disimpulkan telah berjalan lancer.

“Secara umum pelaksanaan pilkades berjalan dengan aman dan lancar, hanya memerlukan waktu yang lebih panjang dari perkiraan yang semestinya selesai pada pukul 14.00,” ujar Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri, Bahtiar, saat dihubungi wartawan, Minggu (12/3) petang.

Disampaikan juga, tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya mencapai 70 persen. “Alhamdulillah acara telah selesai ditutup oleh panitia, dengan aman dan tertib. Yang mendapat suara terbanyak nomor urut satu,” imbuh birokrat bergelar doktor itu.

Dijelaskan, Pilkades Babakan menjadi barometer pilkades di daerah lainnya. Karenanya, prosesnya mendapat perhatian langsung oleh pemerintah pusat melalui kemendagri dan BPPT.

Termasuk juga pemerintah daerah, dengan melakukan pemantauan secara langsung oleh bupati dan jajaran Forkopimda.

Pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di 36 desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah digelar Minggu (12/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News