Alihkan Perjalanan Dinas untuk Pelatihan PNS

Rp 6 Triliun untuk Melatih Satu Juta PNS Per Tahun

Alihkan Perjalanan Dinas untuk Pelatihan PNS
Alihkan Perjalanan Dinas untuk Pelatihan PNS

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, kualitas PNS saat ini belum bagus. Dia berharap seluruh instansi mengalihkan sebagaian anggaran perjalanan dinas untuk pelatihan PNS secara berkala.

 

Azwar menjelaskan, rentetan keberadaan PNS yang tidak berkualitas itu panjang. Ujungnya dia berkesimpulan, terjadi pemborosan penggunaan uang negara untuk menggaji oknum PNS yang tidak berkualitas. "Harus kita rombak, harus diperbaiki," katanya kemarin.

 

Menteri sekaligus politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, idealnya setiap tahun digelar pelatihan peningkatan kualitas PNS. "Setiap tahun PNS yang dilatih rata-rata satu juta orang. Tidak usah lama-lama pelatihannya, cukup 12 hari saja," urai dia.

 

Azwar memperkirakan anggaran atau unit cost untuk pelatihan satu juta PNS itu mencapai Rp 6 triliun per tahun. Anggaran itu tampak besar, padahal jatuhnya hanya Rp 6 juta per PNS. Anggaran itu termasuk untuk akomodasi dan konsumsi selama PNS mengikuti pelatihan.

 

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, kualitas PNS saat ini belum bagus. Dia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News