Alis Mata Mungkin jadi Kunci Anda Terlihat Lebih Muda

Alis Mata Mungkin jadi Kunci Anda Terlihat Lebih Muda
Alis Mata. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Sebuah studi terbaru menemukan bahwa fitur wajah, seperti bibir dan alis, cenderung kurang menonjol seiring bertambahnya usia.

Dalam studi yang dipublikasikan di Jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti menganalisis foto-foto dari 763 wanita bebas make-up dengan berbagai nada kulit antara usia 20 tahun dan 80 tahun.

Sebuah program komputer menganalisis foto untuk kontras wajah, yakni ukuran seberapa banyak mata, bibir dan alis menonjol karena perbedaan warna, baik itu ringan atau gelap dengan kulit di sekitarnya.

Wanita yang lebih muda memiliki kontras wajah yang lebih banyak dan wanita yang lebih tua memiliki lebih sedikit.

Kontras terutama menurun di daerah sekitar mulut dan alis saat wanita bertambah tua.

Selanjutnya, para peneliti photoshopped beberapa gambar, menciptakan dua versi hampir identik dari setiap wajah dengan berbagai tingkat kontras. Mereka menunjukkan foto-foto ini kepada sukarelawan dan meminta mereka untuk memilih wajah yang lebih muda.

Hampir 80 persen peserta penelitian mengatakan bahwa kontras tinggi tampak lebih muda daripada kontras rendah.

Temuan ini serupa di berbagai etnis, menunjukkan bahwa kerutan seperti kontras pada pigmentasi kulit-benar-benar merupakan "isyarat lintas budaya" untuk memahami umur seseorang.

para peneliti photoshopped beberapa gambar, menciptakan dua versi hampir identik dari setiap wajah dengan berbagai tingkat kontras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News