Alissa Wahid Beber Pesan Penting Gus Dur, Singgung Mayoritas dan Minoritas

Alissa Wahid Beber Pesan Penting Gus Dur, Singgung Mayoritas dan Minoritas
Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahida atau Alissa Wahid. ANTARA/Muhammad Zulfikar

jpnn.com, JAKARTA - Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahida atau Alissa Wahid membeberkan pesan penting dari Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) semasa hidup tentang keberagaman di Indonesia.

Menurut Alissa, Gus Dur semasa hidup pernah mengatakan bahwa Indonesia ada karena keberagaman.

"Kalau tidak ada keberagaman, tidak perlu ada Indonesia," ucap Alissa menirukan pesan ayahnya dalam diskusi lintas agama dengan tema "Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam kebinekaan" yang dipantau di Jakarta, Minggu (27/12).

Alissa menjelaskan bahwa pesan tersebut dituliskan oleh Gus Dur dalam sebuah buku tentang pasangan Konghucu yang sedang memperjuangkan hak sipilnya.

Putri sulung Gus Dur ini mengatakan, apabila para pendiri bangsa pada masa itu tidak mampu mempersatukan diri, maka Indonesia tidak akan pernah ada.

Maka dari itu, hingga kini tidak ada satu pun kelompok atau suku tertentu di Tanah Air yang bisa mengklaim bahasa daerah mereka merupakan bahasa asli Indonesia.

Koordinator Nasional Jaringan GusDurian ini juga mengatakan, bila berbicara masalah bangsa, masyarakat Indonesia agak aneh dan cenderung memaksa.

Bangsa Indonesia, ujarnya, memiliki beragam ras. Misalnya ras Melayu atau ras Melanesia khususnya di Indonesia bagian timur.

Alissa Wahid menyebut peran Polri dan TNI dibutuhkan dalam memecahkan masalah ini dengan tetap bertumpu pada hak konstitusi warga negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News