Alumni IPDN Kuasai Jabatan Penting di Pemda

Alumni IPDN Kuasai Jabatan Penting di Pemda
Alumni IPDN Kuasai Jabatan Penting di Pemda
BANDUNG -- Para lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menduduki mayoritas kursi jabatan-jabatan penting di pemerintah daerah (pemda). Tidak hanya kursi lurah atau camat saja, lulusan sekolah kedinasan milik Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) ini bahkan menguasai jabatan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga mencapai 70 persen hampir di semua daerah.

Rektor IPDN Prof I Nyoman Sumaryadi mengungkapkan kebanggaannya atas karir tamatan IPDN yang menguasai jabatan di pemda-pemda itu. "Berdasarkan pantauan saya, misal di suatu daerah ada 17 SKPD atau dinas, 60 hingga 70 persen dari alumni kita. Rata-rata sudah duduk di eselon II," ujar I Nyoman Sumaryadi saat bersilaturahmi dengan sejumlah wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kemdagri di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Minggu (21/11).

Dia menjelaskan, hanya dinas-dinas tertentu yang sifatnya teknis saja yang rata-rata tidak diisi alumni IPDN, seperti dinas kesehatan, dinas pertanian, dinas pekerjaan umum atau dinas kehutanan. Seperti diketahui, sebelum berganti nama menjadi IPDN, kampus yang beberapa kali sempat menjadi sorotan publik lantaran ada aksi kekerasan senior terhadap yuniornya itu bernama Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Sebelum STPDN, namanya Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) yang berpusat di Jatinangor. Sebelumnya lagi, bernama APDN Daerah yang kampusnya ada di sejumlah daerah.

Nyoman menjelaskan, para alumni yang sudah punya jabatan di daerah seringkali datang ke kampus Jatinangor untuk memberi motivasi kepada para adik-adiknya. "Ini menggembirakan. Mereka sering datang ke sini. Terus terang, mereka pamer, ada yang jadi gubernur seperti gubernur Jambi, ada yang jadi sekda, bupati/walikota, kepala dinas, dan banyak juga yang eselon I di Kemdagri," terang Nyoman. Disebutkan juga, Sekreratis Kantor Wapres, Tursandi Alwi, merupakan alumni sekolah calon praja itu.

BANDUNG -- Para lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menduduki mayoritas kursi jabatan-jabatan penting di pemerintah daerah (pemda).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News