Alumni Universitas Terbuka Tembus 2 Juta, Luar Biasa!

Alumni Universitas Terbuka Tembus 2 Juta, Luar Biasa!
Universitas Terbuka berhasil mencatat jumlah alumni terbanyak, yaitu 2 juta lebih. Foto dok. Universitas Terbuka

jpnn.com, JAKARTA - Alumni Universitas Terbuka (UT) mencapai lebih dari 2 juta orang. Data yang dirilis Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UT Dr. Milwan S.Sos., M.Si., menunjukkan sampai Desember 2022 ini jumlah alumninya tercatat 2,000,485 orang, mulai jenjang D2 sampai dengan S2. 

Adapun lulusan terbanyak masih didominasi alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 74%.

Seperti diketahui, UT memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Jumlah itu pun tidak hanya alumni dari mahasiswa di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

"Jumlah alumni yang sangat besar dan tersebar di seluruh tanah air, kami berharap semoga alumni UT dapat berkiprah membantu program-program pemerintah dan bangsa dalam meningkatkan kekuatan ekonomi, sosial, dan politik untuk Indonesia yang semakin jaya," ungkap Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D., dalam pernyataan resminya, Jumat (16/12).

Sementara itu, Wakil Rektor Pengembangan Insitusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., menyebutkan bahwa UT memberikan kesempatan bagi semua warga negara Republik Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah 3T. 

Saat ini, kata Rahmat, ada 2 alumni dan 3 mahasiswa UT aktif yang tinggal di pulau Miangas, wilayah terluar di bagian utara Indonesia. 

"Kalau mereka kuliah di perguruan tinggi tatap muka, tidak mungkin karena terkendala geografis. UT yang dapat menjawab tantangan seperti itu," ucapnya.

Universitas Terbuka berhasil mencatat jumlah alumni terbanyak, yaitu 2 juta lebih yang salah satu terbanyak adalah Fakultas Keguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News