Amalkan Empat Pilar Biar jadi Bangsa Besar

Amalkan Empat Pilar Biar jadi Bangsa Besar
Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR Jazuli Juwaini mengatakan nilai-nilai empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Binneka Tunggal Ika, dan NKRI harus tertanam baik di dalma diri setiap anak bangsa.

Ketua Fraksi PKS di DPR itu berpendapat, ini merupakan salah satu cara mencintai Indonesia dan menjadikannya sebagai bangsa yang besar.

“Kita ini bangsa yang besar, dibangun oleh orang-orang yang berpikir dan berjiwa besar sehingga melahirkan konsepsi besar yang disebut empat pilar ini. Maka, mengamalkan empat pilar kebangsaan adalah cara agar kita menjadi bangsa yang besar,” kata Jazuli saat sosialisasi 4 Pilar Bernegara di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (7/10).

Dia menegaskan, empat pilar inilah karakter khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di belahan dunia mana pun. Karenanya, sebagai anak bangsa harus bangga dan berbesa hati.

“Kalau hari ini bangsa Indonesia belum maju dan masih didera banyak masalah, penyebabnya karena kita belum benar-benar mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar,” ujar anggota Komisi I DPR itu.

Jazuli mencontohkan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila masih belum sepenuhnya diamalkan. “Apakah kita sudah menjadi bangsa yang benar-benar mengamalkan agama dan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa? Lalu mengapa kemaksiatan merajalela,” katanya.

Kemudian, kata Jazuli, apakah sudah menjadi bangsa yang mencintai sesama manusia secara adil dan beradab. Kalau sudah, kenapa ada yang saling menista. “Apakah kita sudah benar- benar mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia? Lalu mengapa sebagian rakyat masih hidup dalam kemiskinan, disparitas kaya dan miskin masih demikian lebar?” paparnya.

"Singkat kata, kita harus terus memupuk komitmen dan pengamalan kita terhadap empat pilar bernegara agar NKRI yang kita cintai ini menjadi negara yang maju, adil, sejahtera dan bermartabat," pungkas Jazuli.(boy/jpnn)


Anggota MPR Jazuli Juwaini mengatakan nilai-nilai empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Binneka Tunggal Ika, dan NKRI harus tertanam baik dalam diri


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News