Amankan PON XX, 1.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan ke Mimika

Amankan PON XX, 1.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan ke Mimika
Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata. Foto: ANTARA/Evarianus Supar

jpnn.com, TIMIKA - Ribuan personel TNI-Polri bakal dikerahkan untuk pengamanan PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021 di klaster Kabupaten Mimika.

Menurut Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata, total ada 1.000 personel TNI-Polri perbantuan atau BKO dari luar Papua yang bakal datang ke Timika jelang PON XX.

Rinciannya, sebanyak 400 orang personel berasal dari Brimob Mabes Polri yang didatangkan dari Jakarta, sedangkan 600 personel lainnya dari TNI.

"Nanti ada 1.000 personel yang akan didatangkan ke Timika untuk membantu pengamanan PON. Diperkirakan pertengahan September mereka sudah tiba di Timika," kata AKBP Era Adhinata di Timika, Minggu (29/8).

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat kunjungan kerja ke Timika pada Sabtu (28/8), meminta seluruh jajaran TNI-Polri setempat menyiapkan strategi pengamanan demi menyukseskan PON.

Tujuannya pengamanan itu tidak lain agar pesta olahraga itu berjalan aman, damai, dan lancar dari segala bentuk gangguan.

Kapolri menyebut strategi pengamanan di seluruh arena PON XX Papua harus menyiapkan personel di ring satu, dua, dan tiga.

"Personel TNI dan Polri harus menyiapkan pengamanan pelaksanaan PON pada ring satu, dua dan tiga. Maksimalkan kekuatan yang ada," ujar Sigit.

Sebanyak 1.000 personel TNI-Polri akan membantu pengamanan PON XX Papua, klaster Mimika, termasuk 400 anggota Brimob dari Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News