Amankan Sumber Daya Laut, DKP Siap Lakukan Operasi Terpadu

Amankan Sumber Daya Laut, DKP Siap Lakukan Operasi Terpadu
Amankan Sumber Daya Laut, DKP Siap Lakukan Operasi Terpadu
JAKARTA- Untuk pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) di tahun 2010 mendatang, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) menegaskan siap untuk melakukan pengawasan dengan mengadakan 180 hari operasi terpadu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengatakan, di dalam operasi tersebut pihaknya akan menyediakan 1000 unit Vessel Monitoring System (VMS) offline bagi kapal perikanan 30-60 GT.

Dijelaskan, pengawasan akan dilakukan di 11 wilayah pengelolaan perikanan (WPP). “Sekitar 90 persen , pengawasan akan lebih difokuskan pada 3 WPP. Antara lain di Laut Natuna, Laut Sulawesi, dan Laut Arafura. Sedangkan sisanya akan dilakukan di WPP lainnya, ” terangnya, Kamis (11/6).

Selain itu, mengenai pengembangan dan pengelolaan terpadu wilayah laut dan pesisir serta pulau-pulau kecil, lanjutnya, DKP juga akan melakukan peningkatan kapasitas pengelolaan wilayah pesisir pasca Marine Coastal Resources Management Project (MCRMP) di 42 kabupaten atau kota dan non-MCRMP di 10 kabupaten atau kota. “Nantinya juga akan ada pengembangan lima balai pengelolaan sumber daya pesisir dan laut,” imbuhnya.

JAKARTA- Untuk pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) di tahun 2010 mendatang, Departemen Kelautan dan Perikanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News