Ambisi Kuasai Segmen Kendaraan Niaga, Mercy Boyong 9 Jagoan

Ambisi Kuasai Segmen Kendaraan Niaga, Mercy Boyong 9 Jagoan
Mercedes-Benz. Foto: AFP

jpnn.com, SURABAYA - Mercedes-Benz memboyong sembilan jenis kendaraan niaga sekaligus ke pasar Indonesia.

Pabrikan asal Jerman tersebut memang berambisi menguasai pasar domestik di segmen kendaraan niaga.

General Manager PT Hartono Raya Motor (HRM) Hartoyo Yuwono menyatakan, sembilan jenis kendaraan niaga itu mengisi semua segmen truk di Indonesia.

Pabrikan yang lebih dikenal dengan sebutan Mercy tersebut juga diuntungkan dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan peremajaan armada bagi kontraktor yang menggarap proyek pemerintah.

’’Penggunaan truk tidak boleh lebih dari lima tahun. Bahan bakarnya minimal sudah harus Euro 3. Kebijakan itu cukup membantu penjualan kendaraan niaga karena pemenang tender harus melakukan peremajaan,’’ papar Hartoyo di Surabaya kemarin (22/8).

Meski sembilan jenis kendaraan niaga yang diboyong Mercy berstatus completely built-up (CBU), Hartoyo optimistis harganya mampu berkompetisi dengan pabrikan asal Jepang.

Alasannya, pada akhir Agustus ini, pihaknya merakit utuh (completely knocked-down) kendaraan-kendaraan tersebut di Indonesia.

’’Selama ini kami kalah dari pabrikan Jepang lantaran secara harga memang mahal. Namun, harga yang kami pasarkan saat ini sudah harga CKD,’’ terangnya.

Mercedes-Benz memboyong sembilan jenis kendaraan niaga sekaligus ke pasar Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News