Ambisi Pemain Naturalisasi

Ambisi Pemain Naturalisasi
Ludovic Obraniak. Foto: Getty Images
23Juli 2009. Tanggal itu tidak akan dilupakan oleh Ludovic Obraniak. Dalam debutnya bersama Polandia, Obraniak memborong dua gol kemenangan Polandia atas Yunani dalam laga uji coba di Bydgoszcz. Laga itu hanya selang 48 hari setelah Obraniak menjadi warga negara Polandia.

 

Ya, sebelumnya, Obraniak merupakan warga negara Prancis. Dia bahkan pernah sekali membela Prancis U-21 pada 2004. Tapi, regulasi FIFA memang menyatakan apabila perpindahan kewarganegaraan diperbolehkan selama masih dalam level junior, bahkan senior selama statusnya uji coba.

 

Memori dua tahun lalu itulah yang menginspirasi Obraniak saat Polandia menjalani laga pembuka Euro 2012 kontra Yunani (8/6). "Seluruh negeri kami menginginkan kemenangan dan dukungan mereka di stadion tak ubahnya pemain ke-12 bagi kami," ungkap pemilik nomor punggung 10 di skuat Polandia itu seperti dilansir L"Equipe.

 

Obraniak yang memiliki darah Polandia dari kakeknya itu sekaligus merespons pemberitaan radio Prancis RMC yang mengungkit nasionalisme. RMC juga menyebut pemain Girondins Bordeaux sebagai pemain buangan dari timnas lainnya (Prancis).

 

23Juli 2009. Tanggal itu tidak akan dilupakan oleh Ludovic Obraniak. Dalam debutnya bersama Polandia, Obraniak memborong dua gol kemenangan Polandia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News