Amerika: Rakyat Iran Menangis Minta Kebebasan

Amerika: Rakyat Iran Menangis Minta Kebebasan
Dubes AS untuk PBB Nikki Haley berbicara dalam sidang darurat Dewan Keamanan membahas krisis nuklir Semenanjung Korea, Senin (4/9). Foto: AP

jpnn.com, NEW YORK - Amerika Serikat (AS) tak malu-malu mendukung aksi demonstrasi besar-besaran di Iran. Malahan Negeri Paman Sam itu ingin menyeret PBB untuk berpihak kepada massa anti-rezim ulama tersebut.

Dubes AS untuk PBB Nikki Haley meminta Dewan Keamanan segera menggelar sesi darurat untuk membahas situasi di Iran.

"Kita tak boleh diam saja. Saat ini rakyat Iran sedang menangis meminta kebebasan. Semua orang yang mencintai kebebasan harus berdampingan," kata Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis, (4/1).

Saat ini, rezim ulama Iran menuding unjuk rasa besar-besaran tersebut dirancang oleh musuh-musuh Iran. Namun, lanjut Haley, semua juga tahu itu hanyalah omong kosong belaka.

Menurut anak buah Donald Trump ini, unjuk rasa tersebut benar-benar spontan. Menyebar luas hampir di setiap kota di Iran.

"Beginilah ketika orang-orang yang sudah lama tertindas akhirnya bangkit melawan," ujar dia.

Menurut laporan media lokal, ribuan warga Iran turun ke jalan-jalan pada Kamis pekan lalu untuk memprotes pemerintah mengenai kenaikan harga komoditas dan kesalahan manajemen.

Sejak hari itu, unjuk rasa terus menyebar luas. Bahkan unjuk rasa meluas sampai ke Ibu Kota Tehran.

Amerika Serikat (AS) tak malu-malu mendukung aksi demonstrasi besar-besaran di Iran. Malahan mereka ingin menyeret PBB agar berpihak ke massa anti-rezim ulama

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News