JPNN.com

Amien Rais Pendiri PAN, tetapi Silakan Kalau Mau Bikin Partai Baru

Kamis, 07 Mei 2020 – 14:57 WIB Amien Rais Pendiri PAN, tetapi Silakan Kalau Mau Bikin Partai Baru - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi meragukan Amien Rais beserta pendukungnya akan mendirikan parpol baru. Yoga beralasan Amien yang juga pendiri PAN sangat mencintai partai yang kini dipimpin Zulkifli Hasan itu.

"Saya pribadi meragukan jika Pak Amien akan mendirikan partai politik baru, mengingat besarnya cinta Pak Amien kepada PAN," ujar Viva dalam pesan singkatnya kepada awak media, Kamis (7/5).

Viva menambahkan, Amien bersama tokoh lain seperti AM Fatwa, Amien Azis, Goenawan Mohammad, Toety Herawaty, Albert Hasibuan, Sindhunata, Faisal Basri, Putrajaya Husein mendirikan PAN. Namun, yang identik dengan PAN adalah Amien.

Hal itu tecermin dari hasil survei yang menyatakan sosok Amien lekat dengan PAN. "Bahkan, di beberapa hasil lembaga survei menyatakan bahwa terjadi hubungan tak terpisah antara PAN dan Amien Rais," tutur Viva.

Namun, Viva mengaku tetap menghormati langkah politik Amien, termasuk soal kemungkinan politikus berjuluk Tokoh Reformasi itu meninggalkan PAN mendirikan partai baru dan otomatis meninggalkan PAN yang telah didirikannya. “Itu adalah hak politik Pak Amien Rais yang dijamin Undang-undang," ucap Viva.

Hanya saja Viva menegaskan, jika Amien mendirikan partai baru berarti ketua MPR RI 1999-2004 itu meninggalkan PAN. Menurut Viva, bagaimanapun Amien adalah pendiri PAN.

"Jika nantinya terwujud partai politik baru, dapat dikatakan Pak Amien Rais meninggalkan PAN, partai yang beliau dirikan,” tutur Viva.

Sebagai informasi, sebelumnya nama Amien Rais tak masuk dalam kepengurusan PAN hasil kongres kelima partai berlambang matahari itu di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari lalu. Kongres itu justru kembali mengantar Zulkifli Hasan menjadi ketua umum PAN untuk kedua kalinya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara