Anak Belum Dikasih Nama, Usia Emaknya Masih Belasan Tahun loh..

Anak Belum Dikasih Nama, Usia Emaknya Masih Belasan Tahun loh..
Foto: Jawa Pos Metropolitan

jpnn.com - CIPANAS - Penghuni Taman Safari Indonesia (TSI) di Cipanas bertambah. Seekor badak putih (ceratotherium simum) berkelamin jantan itu terlahir normal pada Selasa (10/2) sekitar pukul 17.30. Bayi badak yang belum diberi nama tersebut lahir dari pasangan Rimba dan Merdeka.

Merdeka adalah badak putih pertama yang lahir di Taman Safari Indonesia pada 15 Agustus 2003. Sementara itu, Rimba adalah badak putih berusia 13 tahun yang berasal dari Afrika Utara.

”Dengan kelahiran ini, TSI memiliki 6 badak putih yang terdiri atas 4 ekor jantan serta2 ekor betina,” ujar Humas TSI Cisarua Yulius H. Suprihardo Rabu (5/3).

Kelahiran itu berawal dari perkawinan Rimba dan Merdeka pada 14 September 2013. Dengan masaberahi seminggu, perkawinan tersebut berlangsung sehari penuh yang rata-rata terjadi setiap 30 menit.

Dua bulan setelah masa kawin, masa pengamatan siklus 30 hari dimulai. Pemantauan dilakukan dengan USG yang melibatkan tim medis TSI, staf riset dan konservasi, keeper, kurator, dan drh Agildari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Di area kandang, jugadipasang beberapa CCTV untuk memantau kondisi badak putih sebelum maupun sesudah kelahiran. Pemantauan dilakukan lima keeper secara bergantian.

Saat ini, bayi badak berkelamin jantan tersebut masih ditempatkan di kandang khusus. Sebab, badak itu masih menyusu kepada induk setiap 30 menit.

”Kelahiran ini membanggakan, bukan hanya bagi keeper atau tim medis TSI, tetapi juga bagi ilmu pengetahuan. Sebab, badak putih adalah spesies yang terancam punah,” jelas Direktur TSI Jansen Manansang.

CIPANAS - Penghuni Taman Safari Indonesia (TSI) di Cipanas bertambah. Seekor badak putih (ceratotherium simum) berkelamin jantan itu terlahir normal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News