Anak Buah Prabowo Nilai Bamsoet Layak Jadi Ketua DPR

Anak Buah Prabowo Nilai Bamsoet Layak Jadi Ketua DPR
Bambang Soesatyo. foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Kajian Kebijakan Politik DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menilai Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo layak menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

"Dia bisa diterima, figurnya baik,” kata Riza saat dihubungi, Selasa (2/1).

Hanya saja, menurut Riza, Partai Golkar memiliki banyak kader untuk memimpin parlemen.

Diketahui, setelah Setya Novanto mengundurkan diri dari Ketua DPR, Golkar memiliki kewenangan penuh untuk mengisi posisi ketua DPR 2014-2019. Kewenangan itu sesuai Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3).

"Kami sangat yakin Golkar memiliki banyak tokoh yang punya kapasitas dan kapabilitas. Siapa pun ditunjuk kami yakini memang punya integritas dan kompetensi," kata Riza.

Menurutnya, sejauh ini sudah ada sejumlah nama legislator Golkar yang disebut-sebut berpeluang menjadi Ketua DPR. Antara lain Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainuddin Amali, Ridwan Hisjam, Aziz Syamsuddin hingga Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Riza meyakini nama-nama yang beredar memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik. Sebab, Golkar memang punya kader berpengalaman di DPR.

“Kami berharap siapa pun dia bisa membawa DPR lebih baik, apalagi ke depan ini kan tahun politik sehingga DPR bisa membaik," kata dia.(tan/jpnn)


Setelah Setya Novanto mengundurkan diri dari Ketua DPR, Golkar memiliki kewenangan penuh untuk mengisi posisi ketua DPR. Kewenangan itu sesuai UU MD3.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News