Anak Buah SBY Ingatkan Pemerintah Hati-hati Buka Kran Impor

Anak Buah SBY Ingatkan Pemerintah Hati-hati Buka Kran Impor
Anak Buah SBY Ingatkan Pemerintah Hati-hati Buka Kran Impor

JPNN.com JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron mengingatkan pemerintah berhati-hati dalam membuat kebijakan membuka kran impor sejumlah komoditas pangan menjelang lebaran, seperti daging, bawang merah dan cabai. 

Menurut anak buah Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, membuka kran impor harus tetap mengacu UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Dimana ada indikator yang harus dipenuhi, salah satunya pemerintah menggaransi bahwa ketersediaan produksi dalam negeri benar-benar tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Tata cara impor itu sudah diatur dalam UU Pangan, boleh impor apabila komoditas itu tidak diproduksi dalam negeri, atau jika persediaan dalam negeri sedang kekurangan boleh impor. Atau kalau komoditas itu sedang dalam situasi krisis di dalam negeri," kata Herman di gedung DPR Jakarta, Selasa (9/6).

Nah, kalau ketersediaan daging, bawang merah maupun cabai di dalam negeri masih mencukupi, Herman menegaskan kebijakan membuka kran impor belum perlu diambil. Hal ini disampaikannya karena kebijakna impor sendiri merupakan barang seksi.

JPNN.com JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron mengingatkan pemerintah berhati-hati dalam membuat kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News