JPNN.com

Anak Buah SBY: Lihat, Apakah TNI - Polri, ASN, BIN Netral?

Selasa, 18 Desember 2018 – 18:00 WIB Anak Buah SBY: Lihat, Apakah TNI - Polri, ASN, BIN Netral? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrat Benny K Harman meminta seluruh institusi negara, terutama penjaga demokrasi, untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Menurut Benny, proses demokrasi tidak akan berjalan dengan baik jika TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan Badan Intelijen Negara (BIN) tidak netral.

"Coba lihat, apakah TNI/Polri, ASN, BIN netral? Saya lebih banyak cemasnya. Makanya perlu diingatkan, penegak hukum wajib menegakkan hukum secara otonom. Kalau memang salah, ada manipulasi pelanggaran hukum, ya diproses. Tidak boleh memilih," ujar Benny pada diskusi bertajuk 'Keamanan Pilpres 2019: Optimisme Atau Kekhawatiran?' yang digelar Seknas Prabowo-Sandi di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12).

Benny lebih lanjut mengatakan, media massa juga penting menjaga netralitas. Jika tidak, rakyat akan memilih jalannya.

"Kembangkanlah opini yang menyejukkan publik. Jangan sampai jurnalis, pemilik media jadi bagian tim sukses pasangan calon tertentu. Kemudian, penyelenggara pemilu juga harus sungguh-sungguh menjaga netralitas," ucapnya.

Terkait data pemilih, Benny menilai penting didata sebaik mungkin agar akurasi daftar pemilih tetap (DPT) benar-benar terjamin. Jangan sampai permasalahan terkait pemilih dibiarkan berlarut-larut.

"DPT siluman, hentikan praktik semacam itu. Apakah hantu DPT, hantu TPS atau hantu C6, saya tidak tahu. Di daerah, ada anggota KPU menjadi tim sukses. Bagaimana mengawasi itu, saya kira ini penting menjadi perhatian," pungkas Benny. (gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...