Anak Buah SBY Tagih Janji Jokowi untuk Papua

Anak Buah SBY Tagih Janji Jokowi untuk Papua
Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Willem Wardik mengatakan, masyarakat Papua hingga kini masih menunggu janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Papua, saat menghadiri perayaan natal lalu. Yakni membuka pintu dialog antara Papua dengan pemerintah di Jakarta.

"Masyarakat Papua sekarang menagih janji Presiden Jokowi saat kegiatan Natal lalu, untuk berdialog dengan masyarakat Papua di Jakarta. Begitu juga Masyakat Rakyat Papua (MRP) dan para tokoh Papua,” kata Willem di Jakarta, Sabtu (21/2).

Dia menyebutkan banyak isu soal Papua yang sampai saat ini belum menjadi perhatian pemerintah, seperti penolakan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) yang didorong oleh partai penguasa. Padahal isu ini bertolak belakang dengan keinginan masyarakat Papua.

Kemudian soal mobilisasi militer besar-besaran di tanah Papua, hingga proses pemusnahan etnis melanesia. Semua ini menurutnya akan menjadi bola liar bila dibiarkan pemerintah.

"Jadi saya harapkan Presiden Jokowi memperhatikan masyarakat Papua dengan serius. Soal pemekaran, masyarakat tidak setuju, justru yang diharapkan di Papua saat ini 'Resolusi ketatanegaraan' bagi masyarakat di Tanah Papua," tegas anggota Komisi V DPR ini.

Willem menekankan, saat ini masyarakat Papua membutuhkan kehadiran negara untuk menyelesaikan persoalan mereka yang mengalami degradasi dan tidak memperoleh kepastian dalam komitmen pemerintah pusat. Ini terkait dengan 'Triple Track Strategy' yang pernah ditawarkan pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

'Triple Track Strategy' itu sendiri menurutnya terdiri dari pemberian Otonomi Khusus Plus dari negara untuk Papua, penyelesaian konflik di Papua, dan ketiga, negara melanjutkan pembangunan yang komprehensif dan intensif wilayah timur Indonesia itu.

"Saya rasa bilamana ini terapkan oleh Presiden Jokowi, ke depan Papua menjadi lebih baik dan lebih damai. Isu-isu ini pun pernah saya sampaikan pada perwakilan kedutaan Australia yang menemui saya beberapa hari lalu," jelasnya.

JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Willem Wardik mengatakan, masyarakat Papua hingga kini masih menunggu janji Presiden Joko Widodo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News