JPNN.com

Anak Buah Trump dan Petinggi Taliban Gelar Pertemuan Tertutup di Pakistan

Sabtu, 05 Oktober 2019 – 06:27 WIB Anak Buah Trump dan Petinggi Taliban Gelar Pertemuan Tertutup di Pakistan - JPNN.com

jpnn.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump belum berhenti berusaha membujuk Taliban agar mau menghentikan pertumpahan darah di Afghanistan. Kali ini dia mengutus perwakilan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad bertemu dengan petinggi Taliban di Pakistan.

Informasi tentang pertemuan tersebut disampaikan oleh dua orang pejabat pemerintah Pakistan yang menolak untuk disebutkan namanya. Keduanya menyampaikan informasi tersebut kepada Reuters yang kemudian dilansir kembali oleh Yeni Safak.

"Para pejabat Taliban mengadakan pertemuan dengan Zalmay Khalilzad. Yang bisa saya katakan adalah bahwa Pakistan memainkan peran besar di dalamnya untuk meyakinkan mereka betapa pentingnya proses perdamaian," kata seorang pejabat senior Pakistan.

Kedua sumber mengatakan pertemuan berlangsung selama lebih dari satu jam dan tidak melibatkan perundingan formal. Meski demikian, pertemuan memang dimaksudkan untuk membangun kembali kepercayaan di antara kedua belah pihak.

Diketahui, pertemuan ini adalah pertemuan pertama sejak Presiden AS, Donald Trump menghentikan dialog damai dengan Taliban pada bulan lalu.

Delegasi Taliban yang dipimpin oleh Mullah Abdul Ghani Baradar mengunjungi Pakistan dalam rangka turnya ke sejumlah negara seperti Rusia, Tiongkok, dan Iran. Sementara Khalilzad melakukan kunjungan ke Pakistan untuk membahas pembicaraan damai dengan Taliban. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...