Anak Buah Trump Pengin Ajak Indonesia Memusuhi Korut?

Anak Buah Trump Pengin Ajak Indonesia Memusuhi Korut?
Menhan AS James Mattis berbicara kepada media di halaman Gedung Putih, Minggu (3/9). Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis akan mengunjungi Indonesia pekan depan. Kedatangan anak buah Donald Trump itu untuk membicarakan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

James rencananya akan menemui Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu. Isu lain yang menjadi perhatian adalah membahas modernisasi alutsista, memerangi terorisme serta kejahatan transnasional.

"Mengenai alutsista, detailnya harus ditanya dengan Menteri Pertahanan. Selama ini kita dalam proses modernisasi alutsista kita, tidak hanya dengan AS tetapi juga dengan negara-negara lain yang memiliki kerja sama pertahanan," ujar Jurubicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/1).

Dalam pertemuan tersebut tidak tertutup kemungkinan ketegangan di Semenanjung Korea juga akan dibahas. Seperti diketahui, AS tengah gencar mengajak negara-negara Asia-Pasifik untuk memusuhi Korea Utara.

Namun, menurut Arrmanatha, sikap Indonesia terkait isu ini belum bisa ditentukan. Menurutnya, semua tergantung pada apa yang disampaikan Matis Nanti.

"Tentu kita masih lihat dulu apa yang disampaikan nanti oleh Menhan AS. Kita ingin mendengar apa rencana dan strategi mereka dan kita akan menyampaikan pandangan terkait Korea Utara, dan kita juga ingin melihat pandangan mereka tentang kondisi saat ini," ujar Arrmanatha. (nes/rmol)


Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis akan mengunjungi Indonesia pekan depan. Masalah di Semenanjung Korea dipastikan jadi salah satu topik bahasan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News