Anak Buah Zulkifli Hasan Akui Dukung Usulan Dewie Yasin Limpo

Anak Buah Zulkifli Hasan Akui Dukung Usulan Dewie Yasin Limpo
Anggota Komisi VII DPR Jamaluddin Jafar usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/11). Jamaluddin diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek pengembangan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Deiyai, Papua tahun anggaran 2016, yang menjerat anggota Komisi VII Fraksi Hanura, Dewie Yasin Limpo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR, Jamaluddin Jafar mengakui mendukung usulan rekannya dari Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo terkait pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Kabupaten Deiyai, Papua. 

Dukungan itu disampaikannya saat rapat pembahasan anggaran dengan Kementerian ESDM di DPR.

Anak buah Zulkifli Hasan di PAN ini juga mengklaim dukungannya terhadap usulan Dewie murni didasari karena kepedulian pada konstituen. Menurut Jamal, Deiyai adalah salah satu wilayah dalam daerah pemilihannya (dapil) saat Pemilu Legislatif lalu

"Dia (Dewie) itu menyampaikan kepada saya menyebut dapil saya, saya dihukum kalau tidak bela dapil saya," kata Jamal usai diperiksa penyidik di KPK, Kamis (5/11).

Namun Jamal membantah sudah berkoordinasi dengan Dewie sebelum rapat. Jamal juga menampik mendapat imbalan atas dukungannya terhadap usulan tersebut.

Dia kembali menegaskan bahwa dukungan itu murni karena Deiyai adalah dapilnya. "Itu dukungan spontan, saya gak mendorong, saya merespon dan di situ (Deiyai) ada potensi," ungkapnya.

Seperti diketahui, usulan Dewie dalam rapat di DPR itu ternyata belakangan terungkap diwarnai suap. Adik Gubernur Sulut Syahrul Yasin Limpo itu diduga menerima SGD 177 ribu untuk memastikan anggaran proyek pembangkit listrik mikrohidro di Deiyai masuk ke APBN 2016.

Dewie telah ditetapkan tersangka bersama empat orang lainnya. Mereka diantaranya, Staf Ahli Dewie, Bambang Wahyu Hadi; Sespri Dewie, Rinelda Bandaso; Kepala Dinas ESDM Kabupaten Deiyai, Irenius Adii; serta Petinggi PT Bumi Abdi Cendrawasih, Setiadi Jusuf. (dil/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR, Jamaluddin Jafar mengakui mendukung usulan rekannya dari Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo terkait pembangunan pembangkit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News