Anak Mengeluh Sakit Perut Hebat? Bisa jadi karena Cemas

Anak Mengeluh Sakit Perut Hebat? Bisa jadi karena Cemas
Anak Mengeluh Sakit Perut Hebat? Bisa jadi karena Cemas

BIASANYA anak mengeluhkan sakit perut jika salah memilih makanan atau jajan sembarangan. Tapi waspada jika anak berulang-ulang mengeluh sakit perut kronis tanpa ada sebabnya. Sebuah studi baru mengatakan hal itu terjadi karena mereka mengalami gejala gangguan kecemasan.

Beberapa studi sebelumnya menunjukkan 8 persen hingga 25 persen generasi muda mengalami nyeri perut semacam ini. Namun karena tidak ditemukan penyebab yang jelas, kondisi ini pun disebut dengan nyeri perut fungsional.

"Ini merupakan salah satu penyebab paling umum pada anak-anak dan remaja mengunjungi dokter anak. Ini juga alasan yang paling sering dikemukakan anak-anak yang sering absen di sekolah," kata kepala Medical Coping Clinic, Children's Hospital of Pittsburgh Inflammatory Bowel Disease Center, Dr. Eva Szigethy, seperti yang dilansir laman Fox News, Senin (23/9).

Studi baru ini pun mengatakan bahwa anak-anak dengan jenis nyeri semacam itu diketahui berisiko lebih tinggi untuk mengidap gangguan kecemasan di masa dewasa awal. Untuk memastikannya, Lynn Walker dari Vanderbilt University School of Medicine, Nashville, Tennessee dan rekan-rekannya mengamati 332 anak yang mengunjungi dokter akibat nyeri perut yang tak dapat dijelaskan dan terjadi ketika si anak berusia antara 8-17 tahun.

BIASANYA anak mengeluhkan sakit perut jika salah memilih makanan atau jajan sembarangan. Tapi waspada jika anak berulang-ulang mengeluh sakit perut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News