Anak Usaha PGN Pacu Produksi Gas di Texas

Anak Usaha PGN Pacu Produksi Gas di Texas
Ilustrasi PGN. Foto: Ist PGN for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Saka Energi Indonesia yang merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN terus menunjukkan kinerja positif di tengah lesunya sektor industri minyak dan gas bumi (migas).

Salah satunya terlihat dari peningkatan produksi gas Blok Fasken di Webb County, Texas bagian Selatan, Amerika Serikat.

Dari blok migas pertama di luar negeri yang dikelola itu, Saka Energi berhasil meningkatkan produksi nyaris dua kali lipat dari saat kali pertama perusahaan memperoleh hak partisipasi di blok tersebut pada 2014.

’’Saat Saka Energi masuk ke Fasken pada Juli 2014 lalu, produksi gas lapangan itu hanya 30 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Kemudian, pada awal 2018, jumlah produksinya lebih dari 200 mmscfd. Terjadi kenaikan 566,66 persen dalam empat tahun kami beroperasi di sana,’’ kata Direktur Utama Saka Energi Tumbur Parlindungan, Senin (26/3).

Meningkatnya jumlah produksi gas tersebut sejalan dengan kegiatan eksplorasi sumur baru yang terus dilakukan Saka Energi di Blok Fasken bersama mitranya, Swift Energy.

Tahun ini, lanjut Tumbur, setidaknya ada 12 sumur yang dibor di Fasken. Diharapkan, sumur-sumur itu bisa meningkatkan produksi shale gas sepuluh persen sampai akhir 2018.

Lapangan Fasken diperkirakan memiliki kandungan shale gas sekitar satu triliun cubic feet gas (TFC).

Infrastruktur pipa gas yang mendukung lapangan tersebut memiliki kapasitas hingga 250 mmscfd dan dapat melalui kilang LNG di Texas.

PT Saka Energi Indonesia yang merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN terus menunjukkan kinerja positif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News