Analisis Pakar soal Isu HAM dan Konflik Papua di Debat Capres, Begini Hasilnya

Analisis Pakar soal Isu HAM dan Konflik Papua di Debat Capres, Begini Hasilnya
Tiga capres (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di panggung debat perdana, Kantor KPU, Selasa (12/12) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Demokrasi merilis pandangan pakar/akademisi terhadap Debat Capres putaran pertama, khusus tema HAM dan penyelesaian konflik Papua.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (22/12), analisis tersebut disampaikan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Ahli yang digelar koalisi masyarakat sipil di Jakarta pada Rabu (20/12).

Analisis Pakar soal Isu HAM dan Konflik Papua di Debat Capres, Begini HasilnyaMomen Capres RI Prabowo Subianto mengelap dahi saat kompetitornya Ganjar Pranowo bertanya penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat saat debat capres di Gedung KPU RI, Selasa malam (12/12/2023). Foto: Tngkapan layar YouTube akun JPNN.com

Adapun FGD secara daring yang membahas visi-misi dan pandangan Capres RI tentang penyelesaian pelanggaran HAM dan konflik Papua pada debat perdana, bertujuan untuk mengeksplorasi secara lebih dalam dan menilai pandangan masing-masing kandidat terhadap dua itu tersebut.

Berdasarkan diskusi dapat ditarik sejumlah kesimpulan. Pertama, debat kandidat menurut para ahli menjadi penting untuk memberikan gambaran bagi publik terhadap siapa kan?didat yang mempunyai ide dan gagasan tentang perbaikan indonesia ke depan, terutama dalam isu HAM dan penyelesaian konflik Papua.

"Meski secara umum debat belum sempurna karena keterbatasan waktu dan masalah metode debat, tetapi debat Capres putaran pertama setidaknya dapat memberikan gambaran umum bagi publik," demikian siaran pers koalisi masyarakat sipil.

Kedua, menurut para ahli/akademisi, debat kan?didat Capres/Cawapres dipercaya akan ?berpengaruh pada perubahan pemilih dalam menentukan pilihan kandidat presiden dalam Pemilu. Debat kandidat menjadi penting bagi masyarakat untuk mencermati ide, gagasan, dan rekam jejak masing-masing calon presiden.

Ketiga, untuk isu HAM dan penyelesaian konflik Papua, sebagian besar para ahli menilai Capres 01 Anies Baswedan dan Capres 03 Ganjar Pranowo memiliki pandangan yang baik dalam menyelesaikan masalah Papua secara damai melalui dialog.

Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Demokrasi merilis pandangan pakar/akademisi terhadap Debat Capres, khusus tema HAM dan penyelesaian konflik Papua. Begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News