Ancam Keselamatan Negara, Pak Jokowi Diminta Segera Bertindak

Ancam Keselamatan Negara, Pak Jokowi Diminta Segera Bertindak
ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - JAKARTA - Hakim Agung Gayus Lumbuun menyatakan sudah saatnya Mahkamah Agung (MA) harus memilih lagi orang yang profesional, kredibel dan tegas serta merombak dan mengevaluasi ketua dan wakil ketua di Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi hingga pimpinan MA.

Hal tersebut dikatakan Gayus menjawab pertanyaan wartawan, Jumat (1/7), menyikapi tertangkapnya lagi seorang Panitera Pengganti berinisial S di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melalui operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya turut prihatin mendengar, lagi-lagi panitera pengganti yang kena OTT KPK," kata Gayus.

Berbagai kejadian yang akhir-akhir ini menimpa MA lanjutnya, menuntut institusi ini diisi oleh orang yang profesional, kredibel dan tegas.

"Harus rombak dan evaluasi ketua dan wakil ketua Pengadilan Negeri dan  Pengadilan Tinggi, sampai pimpinan MA," tegas mantan politikus PDI Perjuangan itu.

Apabila MA tidak bisa berbenah dan merombak pimpinan di semua jajaran pengadilan dengan orang-orang yang mampu memimpin di wilayah kerjanya maka Presiden Joko Widodo harus bertindak.

"Selaku Kepala Negara, Joko Widodo harus bertindak menyelamatkan peradilan yang tidak ada hentinya dengan perilaku kejahatan sebagai bentuk mafia peradilan yang pada akhirnya bisa mengancam keselamatan negara," tegas Gayus.

‪Agar hal tersebut tidak terjadi, lanjutnya, pimpinan MA harus mengakui gagalnya pembinaan dan pengawasan terhadap jajaran pengadilan di bawahnya.

JAKARTA - Hakim Agung Gayus Lumbuun menyatakan sudah saatnya Mahkamah Agung (MA) harus memilih lagi orang yang profesional, kredibel dan tegas serta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News