Ancaman Halus Petinggi Militer Rusia Ditujukan kepada Turki

Ancaman Halus Petinggi Militer Rusia Ditujukan kepada Turki
Pasukan Turki di Suriah. Foto: AFP

jpnn.com, MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menjamin keselamatan pesawat-pesawat Turki yang menerobos wilayah udara Suriah. Pasalnya, pemerintah Suriah sudah resmi menutup wilayah udaranya.

"Dalam kondisi ini para pemimpin kontingen militer Rusia (di Suriah) tidak dapat menjamin keselamatan pesawat Turki di wilayah udara Suriah," ujar Kepala Pusat Rekonsiliasi Militer Rusia di Suriah Oleg Zhuravlev.

Ancaman halus itu disampaikan Moskow setelah Turki menembak jatuh dua pesawat tempur Suriah di atas wilayah Idlib dan menghantam bandara militer di luar garis depan, Minggu (1/3).

Ketegangan antara Turki dan Suriah sendiri makin menjadi-jadi pekan lalu. Pemicunya adalah serangan udara yang menyebabkan tewasnya 33 tentara Turki di Idlib.

Sebelumnya, Rusia yang merupakan sekutu utama Suriah sempat terlibat dalam perundingan intensif dengan Turki. Namun, belakangan sikap Turki ke Moskow tidak kalah keras. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahkan sudah meminta Presiden Rusia Vladimir Putin menjauhi Suriah. (ant/dil/jpnn)

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menjamin keselamatan pesawat-pesawat Turki yang menerobos wilayah udara Suriah.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News