Ancaman Krisis Global di Depan Mata, Bamsoet Ingatkan Indonesia Butuh Haluan

Ancaman Krisis Global di Depan Mata, Bamsoet Ingatkan Indonesia Butuh Haluan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membahas Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang sedang bergulir. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pentingnya membuat haluan negara untuk menjaga kesinambungan pembangunan jangka panjang. 

Wakil ketua umum Partai Golkar ini mewaspadai ancaman krisis global di depan mata yang menggerus perekonomian Indonesia. 

Selain itu, daya beli masyarakat menurun, pengangguran meningkat, dan banyak industri gulung tikar, termasuk UMKM.

"Kesalahan terbesar kita dalam setiap menghadapi ancaman krisis adalah sering tidak sadar dan kerap abai untuk mengantisipasi dan menyiapkan jaring pengaman secara terintegrasi dan menyeluruh," ujar Bamsoet. 

Arahan Presiden Jokowi sudah jelas bahwa seluruh pemangku kepentingan harus dapat meningkatkan rasa krisis sehingga diharapkan bangsa Indonesia lebih siap menghadapi krisis.

"Jadi, yang sering diungkapkan Presiden Jokowi, sense of crisis ditingkatkan sehingga kita memiliki sensitivitas ketika indikator yang ada bergerak ke arah sana," katanya.

Ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini membahas Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN) yang bergulir di MPR RI. 

Menurut dia, MPR RI dalam dua kali masa jabatan (periode 2009-2014 dan 2014-2019) membuat dua keputusan yang pada prinsipnya merekomendasikan penyusunan PPHN.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Indonesia membutuhkan haluan untuk mwnghadapi ancaman krisis global di depan mata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News