Anda Kurus? Olahraga Cukup 30 Menit Saja ya

Anda Kurus? Olahraga Cukup 30 Menit Saja ya
Foto ilustrasi. getty images

jpnn.com - BAGI mereka yang bertubuh terlalu kurus, asupan gizi dalam tubuh sangat kurang. ’’Penyebabnya, aktivitas berlebihan, gangguan pencernaan, dan pola makan yang salah,’’ ujar Andriyanto, ketua Tim Pangan dan Gizi Jawa Timur.

Untuk orang terlalu kurus, tentu yang harus diperbanyak adalah protein dan lemak atau kalori. ’’Yang paling mudah adalah meminum susu atau makanan yang mengandung susu,’’ jelasnya.

Andriyanto menyebutkan, jumlah kalori dalam susu sama dengan jumlah volume susu dalam cc. ’’Misalnya, kalau susu sebanyak 250 cc, terdapat 250 kalori,’’ kata dia.

Selain susu, makanan yang berasal dari susuatau mengandung banyak kalori bisa dijadikan pilihan. Misalnya keju, es krim, puding vla, atau nasi goreng. ’’Pada nasi goreng, kadar minyak akan menambah kalori yang bermanfaat bagi mereka yang terlalu kurus,’’ ungkap Andriyanto.

Namun, nasi goreng harus dimasak dengan minyak goreng yang bersih alias bukan jelantah. ’’Akan lebih baik kalau makanan yang digoreng itu dibuat sendiri atau tidak membeli di luar,’’ tambah direktur Akademi Gizi Surabaya tersebut.

Lalu, bagaimana dengan olahraga? Rupanya, olahraga tetap diperlukan bagi si skinny. ’’Hanya, olahraga tidak boleh lebih dari 30 atau 45 menit,’’ ujar Andriyanto. Pada 30 menit pertama, zat yang dibakar dalam tubuh adalah karbohidrat.

Lalu, pada 30 menit kedua, pembakaran lemak bakal terjadi. ’’Bisa dibayangkan kalau lemak yang dikumpulkan justru dibakar. Pasti akan bertambah kurus,’’ tegas Andriyanto.

Olahraga yang tepat, antara lain, joging, renang, senam, atau olahraga yang membutuhkan gerakan melompat.

BAGI mereka yang bertubuh terlalu kurus, asupan gizi dalam tubuh sangat kurang. ’’Penyebabnya, aktivitas berlebihan, gangguan pencernaan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News