Jumat, 14 Desember 2018 – 17:15 WIB

Andrea Decker, Biduan Dangdut yang Juga Peneliti

Selasa, 25 September 2018 – 20:42 WIB
Andrea Decker, Biduan Dangdut yang Juga Peneliti - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Pencinta Sodiq Monata dipastikan mengenal wajah Andrea Decker. Dalam sejumlah pertunjukan, Sodiq mengajak seorang bule perempuan cantik untuk menyanyi. Dia adalah peneliti dangdut untuk gelar doktor.
==

MASIH teringat jelas di benak Andrea Decker saat kali pertama menjadi biduan dangdut dalam sebuah acara pernikahan. Saat itu dia mengikuti orkes kenamaan Monata untuk mengisi acara pernikahan di daerah Jawa Tengah. Sempat ditanya bisa menyanyi atau tidak, dia lantas diboyong Cak Sodiq, pentolan grup Sonata, untuk ikut meramaikan panggung.

''Kaget jelas. Gugup juga pasti,'' ujarnya saat ditemui di salah satu kafe di daerah Gubernur Suryo. Namun, kondisi itu tidak menghalanginya untuk unjuk gigi. Dengan hati berdebar-debar, Andrea memegang mikrofon dan mulai bernyanyi. Lagu berjudul Kandas pun dipilih. Alasannya sederhana. Dia berpikir lagu itu hanya beberapa lirik untuk suara sang perempuan.

''Akhirnya saya duet sama Cak Sodiq menyanyikan lagu Kandas,'' ucapnya, lantas tertawa. Ketika asyik berduet, Andrea tiba-tiba dikagetkan dengan saweran Dia sempat bingung. Fokus menyanyinya pun terbelah. Antara menyanyi dan menerima saweran. Apalagi, dia tidak tahu harus dikemanakan uang saweran yang didapat.

Sementara itu, saat dia melirik penyanyi lain di sebelahnya yang lebih senior, mereka terlihat mahir menerima uang saweran tersebut. Bahkan sampai bertumpuk di tangan. ''Saya heran bagaimana mereka bisa tetap menyanyi dengan baik dan menerima saweran begitu banyak,'' tambah perempuan yang tengah menempuh pendidikan doktor di Universitas California tersebut.

Tidak lama kemudian, dia kembali diminta tampil di atas panggung. Meski masih grogi, Andrea lebih siap lantaran sebelumnya melakukan cek sound. Dalam penampilannya kali ini, Cak Sodiq memintanya untuk lebih romantis saat berduet. Penampilan itu pun diabadikan dan viral di dunia maya.

Tidak banyak yang tahu bahwa sejak 2017 Andrea memang khusus meneliti dangdut. Dia langsung terjun dan melakukan penelitian partisipatoris sebagai biduan dangdut.

''Sejak itu beberapa kali ikut jadi penyanyi di atas panggung. Pernah juga diundang stasiun TV untuk nyanyi bareng Fitri Karlina,'' kata Andrea. Karena itu, dia diperlakukan layaknya artis. Penjagaan sama ketatnya dengan penyanyi lain. Tentu, kondisi tersebut membuat pergerakannya tidak leluasa sebagai seorang peneliti. Waktunya untuk bisa mengobrol dengan para musisi pun ikut terbatas.

SHARES
TAGS   Biduan Dangdut
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar