Aneh tapi Nyata, Pulau Ini 'Makan' Pulau Lainnya

Aneh tapi Nyata, Pulau Ini 'Makan' Pulau Lainnya
Pulau Niijima malah 'melahap' Pulau Nishino-Shima. Sumber: on.aol.com

jpnn.com, TOKYO - Mungkin anda tidak akan percaya jika sebuah pulau juga bisa memakan pulau lainnya? Inilah peristiwa yang diabadikan NASA Earth Observatory.

Sebuah pulau di dekat Tokyo, Jepang, 'memakan' pulau lain di dekatnya melalui peristiwa geologis. Kejadian luar biasa itu membuat ahli geologi dan ilmuwan takjub.

Seperti yang didokumentasikan oleh NASA Earth Observatory. Pulau Niijima kini bergabung dengan pulau terdekatnya akibat letusan gunung berapi yang terakhir meletus 40 tahun lalu.

Menurut laman examiner, pada November 2013, sebuah gunung berapi bawah laut yang terletak di bagian barat Samudera Pasifik naik di atas permukaan air laut. Fenomena itu menghasilkan sebuah pulau vulkanik baru yang disebut Niijima.

Pada awalnya, para ilmuwan meragukan apakah pulau Niijima akan tetap atau justru bakal menghilang. Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Akibat aktivitas vulkanisme yang tinggi, Pulau Niijima malah 'melahap' Pulau Nishino-Shima, yang terletak  500 meter darinya.

Sebuah gambar baru yang diabadikan satelit NASA Landast - 8 menunjukkan pada 30 Maret, Niijima sekarang meliputi hampir semua Nishino - Shima.

Empat bulan kemudian, pulau tua dan baru itu menjadi satu pulau. Pulau Niijima sendiri kini lebih besar dari luas semula. Luas dua pulau yang menyatu ini lebih dari satu kilometer. Menurut badan ruang angkasa Amerika, NASA, dua puncak menyatu dan menjulang lebih dari 60 meter di atas permukaan laut.

Pulau vulkanik baru ini terletak di rangkaian Kepulauan Ogasawara, Jepang. (esy/jpnn)


Mungkin anda tidak akan percaya jika sebuah pulau juga bisa memakan pulau lainnya? Inilah peristiwa yang diabadikan NASA Earth Observatory.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News