ANFREL Anggap Pilpres Lebih Baik

ANFREL Anggap Pilpres Lebih Baik
ANFREL Anggap Pilpres Lebih Baik
JAKARTA- Pemantau Internasional, Asian Network For Free Elections (ANFREL) mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pilpres pada 8 Juli lalu, termasuk baik jika dibandingkan negara-negara lainnya khususnya yang pernah di pantau oleh lembaga asing ini.

Margaretha selaku juru bicara Anfrel di Jakarta (14/7) menyampaikan bahwa penilaian tersebut dilihat dari tingginya tingkat pastisipasi pemilih, kendati masih disertai beberapa permasalahan seperti DPT dan pendidikan pemilih yang dianggap masih tidak memadai.

”Anfrel juga menganggap bahwa pilpres banyak memberikan pelajaran yang berharga terutama bagi KPU dan juga masyarakat Indonesia. Dari pemiliu legislatif April lalu, banyak perkembangan positif terkait dengan teknis dan prosedur Pemilu, seperti penghormatan terhadap hak pilih para pasien di rumah sakit dan narapidana,” pungkasnya.

Selain itu lanjutnya, Indonesia bisa  menjadi model bagi negara lain dengan keberadan  badan pengawas seperti Bawaslu dan Panwaslu guna memantau kinerja KPU dan pihak penyelenggara pemilu lainnya. Karena  Pemilihan ini juga merefleksikan profesionalisme administrasi pemilu dan peran organisasi pemantau lokal untuk melakukan check and balance melalui sebuah badan nasional yang independen.

JAKARTA- Pemantau Internasional, Asian Network For Free Elections (ANFREL) mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pilpres pada 8 Juli lalu, termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News