Anggap Keluarga Gus Dur Dimanfaatkan Partai Tertentu

Anggap Keluarga Gus Dur Dimanfaatkan Partai Tertentu
Anggap Keluarga Gus Dur Dimanfaatkan Partai Tertentu

jpnn.com - JAKARTA – Polemik penolakan keluarga Gus Dur atas pemasangan fotonya untuk kepentingan kampanye beberapa politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) makin meruncing. Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarok menilai penolakan pemasangan foto Gus Dur oleh Yeny Wahid dan Sinta Nuriyah tidak tepat. Menurutnya, Gus Dur bukan hanya milik keluarga tapi milik bangsa Indonesia.

Bahkan Zaki Mubarok menilai, hal itu adalah bagian dari politisasi. “Saya kira dalam konteks protesnya Sinta Nuriyah terkait pemasangan gambar Gus Dur oleh beberapa calon anggota legislatif PKB karena yang bersangkutan dimanfaatkan oleh kekuatan politik tertentu. Dalam hal ini adalah partai Nasdem. Hal ini terbukti bahwa Sinta Nuriyah mengisi pembekalan caleg perempuan partai Nasdem di Surabaya,” kata Zaki, kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (28/12).

Menurutnya, siapapun yang satu visi dengan Gus Dur dalam memperjuangkan nilai-nilai pluralisme, humanisme, dan keutuhan NKRI berhak memasang foto beliau sebagai wujud pengagungan atas pemikiran Gus Dur.

Sehingga, sah-sah saja calon anggota legislatif PKB menggunakan foto Gus Dur dalam publikasi kegiatannya untuk kampanye sekalipun. Sebab, faktanya Gus Dur adalah pendiri PKB.

"Misalnya kita memasang foto Mahatma Gandhi masa kita diprotes oleh anaknya? Gus Dur itu milik bangsa, bukan hanya milik keluarganya," kata Zaki.

Lebih jauh, Zaki menilai bahwa kalaupun dahulu pernah ada perbedaan pendapat antara Gus Dur dengan pengurus PKB yang lain, maka hal tersebut sangat wajar dan manusiawi karena mereka semua adalah manusia yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Kata Zaki, yang terpenting calon anggota legislatif PKB tetap memperjuangkan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Gus Dur. Menurut Zaki, kalaupun ada perbedaan pendapat kecil yang tidak menyangkut nilai-nilai itu adalah hal yang wajar dan tidak perlu berlebihan menanggapinya.

Dalam kaitan hubungan NU dan PKB, dosen  ilmu politik di FISIP UIN Jakarta itu menjelaskan Implementasi ideologi NU tidak ada di partai lain kecuali di PKB. "Pemikiran-pemikiran Gus Dur itu ya di PKB, tidak ada di partai lain,”  tegas Zaki Mubarok.

JAKARTA – Polemik penolakan keluarga Gus Dur atas pemasangan fotonya untuk kepentingan kampanye beberapa politisi Partai Kebangkitan Bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News