Anggaran Dipangkas Rp 6,5 Triliun, Menteri Anies Tetap Pede

Anggaran Dipangkas Rp 6,5 Triliun, Menteri Anies Tetap Pede
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkurang dari APBN 2016 yang semula sebesar Rp 49,2 triliun menjadi Rp 42,7 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan bahwa pengurangan sebesar Rp 6,5 triliun tersebut tidak mengorbankan atau mengurangi program-program yang menjadi prioritas pendidikan dan kebudayaan.

“Posisi pemerintah adalah mengawal keputusan bapak presiden, karena kondisi perekonomian dan lain-lain, maka anggaran belanja negara mengalami pengurangan,” kata Anies, Kamis (9/6).

“Kemdikbud memastikan akan mengamankan program yang menjadi prioritas. Misalnya jumlah anak usia sekolah yang meningkat, peningkatan kualitas pendidikan, tentu kita harus mengamankan penganggaran untuk meningkatkan pelayanan di sisi ini,” papar Anies.

Dia menambahkan, terkait kegiatan yang sifatnya ekspansi pendukung, seperti pembangunan gedung baru, rencana membuat pusat-pusat pelatihan pada tahun ini semuanya akan ditunda.

“Kebijakan untuk melakukan pengurangan anggaran dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan. Pelaksanaan kegiatan 2016 terutama yang sudah terkontrak tidak dibatalkan,” ujarnya. (esy/jpnn)


JAKARTA- Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkurang dari APBN 2016


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News