Anggaran Infrastuktur Hanya 3 Persen PDB

Anggaran Infrastuktur Hanya 3 Persen PDB
Anggaran Infrastuktur Hanya 3 Persen PDB
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum berharap anggaran pembiayaan infrastruktur dapat ditingkatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tujuh persen pada 2014. Saat ini, alokasi anggaran infrastruktur di Indonesia hanya tiga persen dari PDB (Product Domestic Bruto).

     

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur sangat strategis untuk meningkatkan laju perekonomian suatu negara. Hal tersebut dapat dilihat dari pesatnya laju perekonomian India dan Tiongkok dalam dekade terakhir. "Lihat saja, di Tiongkok tiap tahun dibangun empat ribu kilometer jalan ekspres, sehingga kini total panjangnya mencapai 70 ribu kilometer," ujarnya.

     

Dengan akses jalan yang begitu banyak kini Tiongkok mampu menjadi raksasa ekonomi dunia, sejajar dengan Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Hal ini berbedaa dengan Indonesia yang masih mengalami hambatan biaya dalam pembangunan infrastruktur. "Di negara kita hingga kini baru dibangun total 750 kilometer jalan ekspres," tuturnya

Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin M. Said menambahkan, hingga kini permasalahan terberat pembangunan infrastruktur adalah pendanaan. Negara hanya mampu menyediakan anggaran infrastruktur sebesar tiga persen dari PDB. Padahal minimal seharusnya lima persen.

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum berharap anggaran pembiayaan infrastruktur dapat ditingkatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tujuh persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News