Anggaran Kesehatan Naik 3 Kali Lipat

Anggaran Kesehatan Naik 3 Kali Lipat
Anggaran Kesehatan Naik 3 Kali Lipat

jpnn.com - JAKARTA--Selain sektor pendidikan yang diplot 20 persen, anggaran kesehatan juga digenjot. Malah untuk TA 2009, pemerintah menaikkan anggarannya hingga tiga kali lipat. Jika dalam APBN 2005 anggararannya mencapai Rp 5,8 triliun, tahun depan  terdongkrak di posisi Rp 16 triliun.

Peningkatan anggaran ini menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membiayai Puskesmas, Posyandu, Jamkemnas,  Program KB. "Kita berharap masalah kesehatan bisa tertangani meski butuh  waktu panjang. Masyarakat kurang mampu pun bisa menikmati pelayanan kesehatan gratis," ujar SBY.

Untuk program KB mengalami peningkatan jumlah pesertanya. Jika pada 2005, jumlah pesertanya hanya 4,2 juta, tahun 2007 naik 5,7 juta akseptor KB. Peningkatan ini, kata SBY, sangat penting artinya bagi Indonesia karena bisa menekan laju pertumbuhan penduduk.

"Pertumbuhan ekonomi salah satunya dipengaruhi jumlah penduduk. Jika laju pertambahan penduduk besar, maka beban negara akan bertambah. Tahun 2006 pertumbuhan ekonomi capai 5,5 persen, kemudian tahun 2007 meningkat jadi 6,3 persen. Berarti ini sejalan dengan keberhasilan pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan jumlah penduduk." (esy)

Berita Selanjutnya:
KPK Geledah Dephut

JAKARTA--Selain sektor pendidikan yang diplot 20 persen, anggaran kesehatan juga digenjot. Malah untuk TA 2009, pemerintah menaikkan anggarannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News