SBY Bangga Tagihan Listrik Istana Turun

SBY Bangga Tagihan Listrik Istana Turun
SBY Bangga Tagihan Listrik Istana Turun
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membanggakan keberhasilan kebijakan penghematan energi di Istana Kepresidenan. Presiden meminta agar suksesnya penghematan energi di Istana itu dapat diterapkan seluruh instansi pemerintahan.

jpnn.com -  Presiden SBY saat menyampaikan Pidato Kenegaraan serta Keterangan Pemerintah atas RAPBN 2009 beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna DPR, Jumat (15/8), menyatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Inpres Nomor 10 Tahun 2005 tentang penghematan energi.

 "Bahkan untuk bisa memberi contoh, saya telah menginstruksikan pembentukan Gugus Kepresidenen termasuk Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet. Hasilya, penghematan energi bisa dilakukan hingga 31,7 persen, selama periode bulan Mei hingga Juli menurun yang dibuktikan tagihan listrik bulanan yang menurun," ujar Presiden yang langsung disambut tepuk tangan.

 Jika Istana Kepresidenan bisa melakukannya, sambung SBY, maka semua unit pemerintahan pun seharusnya bisa melakukannya. "Untuk itu saya telah menginstruksikan agar seluruh jajaran pemerintaan memberikan laporan tentang upaya penghematan energi di lingkungannya masing-masing setiap bulan," tandas SBY.

 Meski demikian SBY mengakui, berhasilnya penghematan energi di Istana Kepresidenan itu tidak cukup. Tentu saja, katanya, yang dibutuhkan adalah penghematan total dari penggunaan energi nasional.

 "Karena itu tidak cukup penghematan kantor-kantor pemerintahan semata. Instansi lembaga-lembaga negara juga harus melakukan hal sama," kata SBY di depan paripurna DPR yang dihadiri para pimpinan lembaga-lembaga tinggi negara.

 
Menurutnya, jika penghematan energi listrik dapat dilakukan sampai 20 persen saja maka dampaknya cukup signifikan bagi keuangan negara. "Artinya, akan ada penghematan lebih dari Rp 17,6 triliun," sebutnya.(ara/JPNN)


Berita Selanjutnya:
Awas, Banyak KPK Gadungan!

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membanggakan keberhasilan kebijakan penghematan energi di Istana Kepresidenan. Presiden meminta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News