Anggaran Kesehatan RI Kalah Jauh dari Timor Leste

Anggaran Kesehatan RI Kalah Jauh dari Timor Leste
Anggaran Kesehatan RI Kalah Jauh dari Timor Leste
JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Prof Hasbullah Thabrany menilai, komitmen Indonesia sangat rendah dalam membiayai pelayanan kesehatan masyarakat. Ini dilihat dari alokasi anggarannya yang kurang dari 2 persen dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Hal ini jauh berbeda dengan negara-negara tetangga yang menganggarkan biaya kesehatan masyarakatnya cukup tinggi seperti, Malaysia, Thailand, dan Timor Leste yang telah mengganggarkan dana kesehatan sebesar 12 persen.

“Jangan heran jika nanti Timor Leste akan memiliki generasi yang lebih baik  daripada kita. Anggaran kesehatan kita masih dua persen,” kata Hasbullah saat memberi keterangan ahli dalam uji UU Nomor 11 Tahun 2011 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun Anggaran 2011 di ruang sidang MK Jakarta, Rabu (30/11).

Dijelaskan, hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai terkait dengan hak untuk hidup. Misalnya, jika ada seseorang membutuhkan perawatan intensive care unit (ICU) atau operasi, tetapi tidak memiliki uang muka, ia tidak dapat pelayanan yang memadai. “Faktanya, meski di rumah sakit pemerintah, kalau tidak ada uang muka untuk kelas dua ke atas, pelayanan tidak diberikan. Apakah ini bukan pembunuhan,” tanyanya.

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Prof Hasbullah Thabrany menilai, komitmen Indonesia sangat rendah dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News