Anggaran Naik, Kemendiknas Prioritaskan Infrastruktur

Anggaran Naik, Kemendiknas Prioritaskan Infrastruktur
Anggaran Naik, Kemendiknas Prioritaskan Infrastruktur
JAKARTA - Alokasi anggaran untuk sektor pendidikan kembali ditetapkan sesuai dengan amanat konstitusi, yakni minimal 20 persen dari APBN. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M. Nuh mengatakan, kementeriannya akan memprioritaskan penggunaan anggaran itu untuk rehabilitasi dan renovasi sekolah rusak.

"Salah satunya di antaranya yang paling banyak adalah untuk rehabilitasi sekolah. (Termasuk) infrastruktur ya," kata Nuh usai peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, kemarin (17/8). Untuk tahun 2012, sebanyak Rp 286,6 triliun direncanakan dialokasikan untuk sektor pendidikan. "Besar persisnya 20,2 persen," sambungnya.

Besaran anggaran itu lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya sejak alokasi anggaran sesuai amanat konstitusi, minimal 20 persen. Tahun 2010, anggaran pendidikan mencapai Rp225,2 triliun atau 20 persen dari APBN. Kemudian tahun ini, jumlahnya mencapai Rp266,9 triliun atau 20,2 persen dari APBN.

Nuh berharap, dengan anggaran tersebut, rencana melakukan renovasi dan rehabilitasi sekolah rusak bisa terealisasi. Sebelumnya, Nuh pernah mengungkapkan, sebanyak 101 ribu ruang kelas dari sekitar 900 ribu yang harus direnovasi.

JAKARTA - Alokasi anggaran untuk sektor pendidikan kembali ditetapkan sesuai dengan amanat konstitusi, yakni minimal 20 persen dari APBN. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News