Anggota DPR Desak Bappenas Segera Bangun Jalan Penghubung di Sumut

Anggota DPR Desak Bappenas Segera Bangun Jalan Penghubung di Sumut
Anggota Komisi XI DPR Sihar Sitorus. Foto: DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Sihar Sitorus menyinggung soal kinerja Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) yang hanya fokus membangun jalan nasional saja, tanpa memperhatikan kondisi jalan penghubung di Sumatera Utara (Sumut).

"Jalan dari labuhan batu, aek kanopan, ratau prapat mau ke danau toba itu kayak jalan muter, padahal utara ke selatan bisa dikoneksi gitu," ujar Sihar dalam rapat kerja (Raker) Komisi XI DPR bersama Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (13/6).

Politisi PDI-Perjuangan daerah pemilihan Sumut II itu mendesak agar Bappenas bisa segera membangun jalan penghubung yang menghubungkan daerah bagian barat, utara, selatan dan timur se-Sumatera Utara.

Mengingat besarnya hasil produksi pertanian yang terdapat di wilayah tersebut, ditambah lagi keberadaan destinasi wisata super prioritas danau toba yang harus didukung.

Dia memberikan contoh daerah silimbat menuju parsoburan dan aek kanopan di labuhan batu utara.

"Kenapa ini penting labuhan batu utara ini daerah pertanian kelapa sawit?. Dengan kata lain mereka itu punya uang semua, kalau jalan penghubung antara daerah tadi dikoneksikan dengan daerah toba yang hasil pertaniannya adalah hortikultura. Tentu sangat menolong," tegasnya.

Dia mengatakan dengan pembangunan jalan penghubung tersebut jarak tempuh bisa memangkas 4 jam dari 8 jam perjalanan.

"Dengan lama perjalanan hanya 4 jam saja, kemungkinan untuk mampir di danau toba itu ada bagi pengguna jalan. Berarti ada multiplayer efeknya ada," tandas Sihar Situros. (jpnn)

Anggota Komisi XI DPR Sihar Sitorus mendesak agar Bappenas bisa segera membangun jalan penghubung yang menghubungkan daerah bagian barat, utara, dan selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News