Anggota DPRD Ikut Picu Kecurangan Rekrutmen CPNS

Anggota DPRD Ikut Picu Kecurangan Rekrutmen CPNS
Anggota DPRD Ikut Picu Kecurangan Rekrutmen CPNS
JAKARTA--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mestinya proaktif mengawasi proses rekruitmen CPNS, agar prosesnya berjalan transparan dan kecurangan bisa diminimalisir. Yang marak terjadi, anggota DPRD di sejumlah daerah malah menjadi faktor pemicu kecurangan, dengan menitipkan peserta seleksi dari kalangan kerabatnya sendiri.

"DPRD jangan hanya menunggu laporan dari pelamar CPNS kalau ada kecurangan. Tapi DPRD harus saling koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memantau ataupun mengawasi dalam proses rekruitment CPNS," kata Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, Minggu (24/4).

Dia juga mewanti-wanti, anggota DPRD jangan sampai malah menitip calon ke pemda karena fungsinya sebagai pengawas. "Di beberapa daerah, banyak laporan yang masuk kalau titip menitip calon bukan hanya dilakukan kepala daerah atau wakilnya. Anggota DPRD juga ikut-ikutan menitipkan calonnya, entah itu kerabat dekat, konstituen maupun, anaknya sendiri," ujarnya.

Mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam proses rekruitmen CPNS tahun ini, Tumpak lagi-lagi mengingatkan agar antara eksekutif, legislatif, dan perguruan tinggi harus punya komitmen kuat dalam melaksanakan proses seleksi dengan transparan, akuntabel, berbasis kompetensi, dan bebas KKN.

JAKARTA--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mestinya proaktif mengawasi proses rekruitmen CPNS, agar prosesnya berjalan transparan dan kecurangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News