JPNN.com

Anggota KKB Eksekutor WN Selandia Baru Ditembak Mati, Dor!

Kamis, 16 April 2020 – 18:41 WIB
Anggota KKB Eksekutor WN Selandia Baru Ditembak Mati, Dor! - JPNN.com
Pasukan TNI-Polri melakukan olah TKP di rumah Ivan Sambom di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka yang menjadi tempat persembunyian KKB. Foto: ANTARA/Humas Polres Mimika

jpnn.com, TIMIKA - Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw memastikan anggota KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) inisial TK ditembak mati oleh aparat gabungan TNI-Polri.

TK yang merupakan eksekutor utama yang menembak mati pekerja PT Freeport Indonesia asal Selandia Baru, Graeme Thomas Wall pada Senin (30/3), ditembak di salah satu kamp Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika pada Kamis (9/4).

"Dari hasil upaya penegakkan hukum yang kami lakukan, saudara TK yang merupakan eksekutor terhadap saudara Graeme Thomas Wall akhirnya bisa juga dilumpuhkan oleh aparat satuan tugas kita," kata Irjen Waterpauw di Timika, Rabu.

Kapolda menegaskan jajarannya dibantu TNI terus melakukan upaya-upaya penegakkan hukum terhadap KKB yang selalu membuat teror dan aksi kekerasan di sejumlah wilayah di Papua, termasuk di Mimika.

Upaya penegakan hukum yang sama juga diberlakukan kepada pihak-pihak yang selama ini mendukung aktivitas KKB.

Salah satu yang ditangkap aparat saat penyergapan KKB di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika pada Kamis (9/4) itu yakni Ivan Sambom yang sehari-hari bekerja sebagai petugas pengamanan internal (security) Kantor OB 1 PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana.

Kapolda mengatakan berdasarkan penyelidikan yang dilakukan diketahui yang bersangkutan memiliki hubungan dengan KKB.

"Dia mendapatkan berbagai data kemudian data tersebut dilempar ke saudaranya yang berada di Vanuatu. Lalu dari Vanuatu data itu dikirim lagi ke seorang perempuan yang berada di Australia," jelas Irjen Waterpauw secara terang-benderang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo