Anggota Komisi V DPR Puji Gagasan Gus Menteri soal SDGs Desa

Anggota Komisi V DPR Puji Gagasan Gus Menteri soal SDGs Desa
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat rapat di DPR, Rabu (18/11). Foto: humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi mengapresiasi konsep-konsep yang diusung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yakni tentang smart village dan pembangunan desa berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Mulyadi dalam Rapat Kerja Komisi V DPR tentang Evaluasi pelaksanaan APBN 2020 Kemendes PDTT dan Penyampaian Laporan Hasil Kunjungan Kerja Reses dan Spesifik Komisi V di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (18/11).

"Saya dengar konsep-konsep bapak luar biasa. Tentang bagaimana desa dikembangkan menjadi smart village dan segala macamnya itu," ujar Mulyadi.

Legislator dari Partai Gerindra itu kemudian berharap untuk bisa mendapatkan buku SDGs Desa yang merupakan gagasan Mendes Halim yang membahas tentang arah kebijakan dan tujuan pembangunan desa hingga 2030..

"Apalagi bapak sudah membuat suatu buku yang saya kira semua anggota komisi lima harus dapat semua ini, Pak Menteri, tentang pembangunan berkelanjutan di desa-desa,” ungkapnya.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia yang tergabung dalam Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), termasuk Indonesia.

SDGs merupakan konsep untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Kemudian, SDGs Global diturunkan menjadi SDGs Nasional seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan.

Kemendes PDTT menjalankan SDGs Desa sebagai penajaman dari program pembangunan berkalanjutan global dan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News