Anggota Korpri Harus Terbiasa Berinovasi

Anggota Korpri Harus Terbiasa Berinovasi
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Memperingati Hari Inovasi Indonesia tahun 2016, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) terus memacu pegawai negeri sipil (PNS) untuk menjawab segala tantangan ke depan, dengan terus berinovasi.

Hal tersebut dijawab organisasi pengayom abdi negara tersebut dengan beberapa langkah-langkah inovatif.  Misalnya membuat aplikasi Toko Online Korpri, Umrah Bareng Korpri, Korprimart, dan lainnya.

Menurut Dr Tri Widodo Utomo dari Departemen Inovasi sekaligus anggota Ketua II Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), 'korps batik biru' ini mesti memperkuat peran dalam mendorong anggotanya untuk terus berinovasi. Karena menurutnya, inovasi tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi aparatur sipil profesional.

"Sebagai institusi, aksi nyata Korpri dalam menggerakkan inovasi di antara anggota, misalnya dengan menyelenggarakan Lomba Inovasi Korpri, Festival tahunan Inovasi Korpri, mempublikasikan karya inovasi anggota Korpri, dan lainnya," kata Tri.

Tak hanya itu, lanjutnya, Korpri juga bisa mengembangkan "rumah terampil" sebagai wadah mencetak entrepreneur baru. Program tersebut dapat diimplementasikan terutama bagi pegawai yang menjelang memasuki usia pensiun.

Dalam praktiknya, kata Tri, rumah terampil ini bekerja sama dengan unit usaha yang sudah eksis seperti peternakan, restoran atau industri pengolahan bahan pangan, percetakan, suvenir, dan start-up lainnya.

Kendati demikian, Deputi Inovasi Lembaga Administrasi Negara ini mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja keras dalam membangun budaya inovasi.

"Sayangnya, PNS masih terbiasa dengan cara kerja lama yang rutin dan kurang berani berkreasi dan berimprovisasi. Ini yang harus dilatih," ujarnya seperti mengingatkan.

JAKARTA - Memperingati Hari Inovasi Indonesia tahun 2016, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) terus memacu pegawai negeri sipil (PNS) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News